NEWS
DETAILS
Rabu, 24 Jan 2024 13:02 - Asosiasi Motor Honda Lampung

Mungkin pernah terlintas dalam pikiran Anda pertanyaan kenapa ukuran ban sepeda motor yang depan dan belakang berbeda. Sebagai contoh, standar ban depan Honda Beat ukurannya adalah 80/90-14 dan ban belakangnya 90/90-14. 

Tentu produsen atau pabrik sepeda motor telah mempertimbangkan segala komponen pembentuk motor sebelum akhirnya produk tersebut dirilis ke pasaran. Ban sendiri memiliki fungsi yang sangat penting karena menopang bobot motor serta pengendara. 

Tak hanya sebagai penahan beban, ban pun berperan untuk meredam getaran sehingga laju sepeda motor tetap stabil. Umumnya, ban depan punya ukuran lebih kecil dibanding ban belakang sepeda motor. Karena kedua jenis ban ini memang memiliki perannya masing-masing. Ban depan motor fungsinya adalah mendukung grip ketika berbelok atau bermanuver. Sedangkan fungsi ban belakang lebih kepada kestabilan. Pada saat kita membelokkan motor, ban depan yang punya fungsi lebih. Sementara untuk menahan beban, ban belakang punya peran lebih banyak. Karena perbedaan fungsi itulah, seringnya pola tapak ban depan dan belakang berbeda. Tidak hanya itu, komposisi ban depan maupun belakang juga lain. Secara struktur biasanya ban depan lebih lunak, sedangkan ban belakang lebih keras.

Jika dijabarkan, berikut ini perbedaan fungsi ban depan dan belakang sepeda motor.

Fungsi ban depan :

- menjaga grip ketika berbelok

- mengendalikan arah motor

- memecah air ketika melewati genangan

Fungsi ban belakang :

- penyangga beban motor dan pengendara

- tumpuan torsi dari mesin

- menjaga kestabilan motor saat berjalan

Perbedaan fungsi tersebut jika diuraikan membuat perbedaan berikut pada ban depan dan belakang motor

- pola tapak

- komposisi ban

- ukuran

 

Bagi pengguna, pastikan untuk memasang ukuran ban sepeda yang tepat. Ban depan harus ditaruh di bagian depan. Begitupun dengan ban belakang. Jika dipaksa ban belakang dipasang di depan, akibatnya laju motor terasa berat dan pun terasa lebih keras. Begitu pula jika ban depan ditaruh di belakang akibatnya tampilan motor akan terlihat aneh karena bentuk ban belakang yang lebih kecil. Ketika ingin ganti ban baru maupun melakukan modifikasi, tetap ikuti ketentuan. Maksimal perubahan pada ban motor hanya boleh naik atau turun satu tingkat. Misalnya untuk motor Honda Beat dengan standar ban depan ukuran 80/90-14, hanya boleh diganti dengan ban 90/90-14 atau 70/90-14. Begitupun dengan ban belakang Beat yang standarnya 90/90-14, hanya boleh diganti dengan ban ukuran 100/90-14 atau 80/90-14.

Dalam memilih ban, penting juga memperhatikan pola tapak atau kembangan ban. Fungsi alur pola tapak itu dibuat sesuai fungsi ban. Pada ban depan biasanya terdapat alur menyamping. Fungsinya adalah untuk memudahkan ban menyibak air ketika melewati genangan. Sebaliknya ban belakang yang lebih berperan pada kestabilan biasanya tidak memiliki pola tersebut. 

Demikian penjelasan serta alasan mengapa ban motor bagian depan dan belakang berbeda. Semoga bermanfaat.



 

RELATED
NEWS