NEWS
DETAILS
Senin, 03 Apr 2023 16:18 - Asosiasi Motor Honda Lampung

Meski menjadi salah satu faktor penunjang keselamatan dalam berkendara, tetapi banyak pengguna kendaraan yang tidak Meperhatikan rem. Pada umumnya, para pengguna kendaraan baru akan melakukan perawatan pada rem jika sudah tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Salah satu part yang perlu diperhatikan pada rem adalah kampas. Kampas rem sendiri berfungsi untuk menghentikan laju roda dengan cara menekan piringan cakram atau tromol. Karena bergesekan dengan piringan cakram atau tromol, maka kampas rem tentu saja akan cepat aus. Hal ini akan semakin diperparah dengan abainya pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan.

Berikut tips dan perawatan kampas Rem :

1. Gunakan kampas rem motor yang berkualitas

Terdapat berbagai jenis kampas rem motor yang dijual di pasaran dengan berbagai merek dan harga. Sebaiknya pilih kampas rem original yang Dijual di dealer resmi, Selanjutnya Menggunakan kampas rem motor abal-abal tentu akan memberikan risiko yang lebih besar daripada uang Anda hemat. Kampas motor dengan kualitas buruk tentu tidak bisa memberikan pengereman yang maksimal. Selain itu, kampas rem motor abal-abal juga lebih mudah habis.

2. Rajin membersihkan piringan cakram atau tromol

Kotoran, debu, dan pasir sangat mungkin menempel pada piringan cakram atau tromol. Kotoran-kotoran ini akan membuat kinerja pengereman menjadi berkurang karena bidang gesek akan menjadi lebih kecil. Selain itu, kotoran juga mempercepat ausnya kampas rem.

3. Bersihkan kampas rem motor

Cara merawat kampas rem motor berikutnya adalah dengan cara membersihkan kampas rem motor itu sendiri. Selain piringan cakram atau tromol, Kotoran, debu, atau pasir yang menumpuk di kampas bisa menyebabkan rem motor kurang pakem.

4. Sejajarkan kaliper rem motor

Pada saat pengereman, kaliper akan menekan kampas rem secara bersamaan. Namun tak jarang, kaliper dalam posisi tak sejajar dapat mengakibatkan tidak semua bagian pada kampas rem motor bisa bergesekan.

Semoga Bermanfaat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK