NEWS
DETAILS
Selasa, 10 Jan 2023 15:43 - Asosiasi Motor Honda Lampung

Gara-gara teknologi yang terus berkembang di dunia otomotif, setiap detail motor pun mendapat sentuhan teknologi baru.

Jika 20 tahun lalu, lampu sepeda motor cuma digunakan sebagai alat penerangan, terutama saat berkendara di malam hari, kini lampu yang ada di bagian depan motor tersebut memiliki tambahan fungsi yakni membuat penampilan motor jadi lebih keren, gaya dan terasa kekinian karena penggunaan lampu LED.

Pada bagian depan motor, beragam merk keluaran baru tidak lagi menggunakan boham, melainkan menggantinya dengan lampu LED pada bagian depan. 

Hendri Yurni selaku kepala cabang TDM Honda Kotabumi menjelaskan "Penggunaan lampu LED motor membuat berkendara di malam hari pun tetap aman juga menyenangkan karena cahaya yang dipantulkan lampu LED sangat terang. Selain itu, lampu sorot LED motor juga diketahui lebih hemat energi ketimbang lampu biasa."

Motor menggunakan jenis lampu motor LED, perlu dirawat , meskipun cara perawatannya minim, namun jika tidak dirawat dengan baik, lampu bisa putus atau rusak. Jika sudah terlanjur putus, maka kamu harus mengganti lampu secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa cara merawat lampu LED motor agar tidak mudah rusak.

1. Cek Berkala 

Lakukan pengecekan secara berkala pada lampu LDR motor. Pastikan daya dan kelistrikan berjalan normal serta hindari lampu terlalu panas. Ingat, lampu LED memiliki sifat tidak tahan panas, jadi selalu pastikan suhu stabil sehingga lampu lebih awet.

2. Perhatikan Titik Lampu 

Cara merawat lampu yang pertama adalah dengan memastikan bahwa letak titik lampu aman. Letakkan lampu pada batok atau mika lampu dengan tepat. Pastikan ukurannya telah sesuai sehingga aman ketika digunakan.

3. Bersihkan Penampang 

Pastikan secara rutin membersihkan penampang lampu. Penampang yang kotor dapat menimbulkan masalah pada lampu dan mengakibatkan kerusakan.

4. Jangan Bongkar Sendiri

Sebaiknya hindari mengutak-atik kelistrikan kendaraan motor secara sembarangan karena dapat mempercepat kerusakan. Hindari juga menambahkan saklar yang mengakibatkan arus masuk berlebihan. Arus yang berlebihan bisa mengakibatkan lampu cepat putus.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai lampu LED motor terbaik serta tips perawatannya. Penggantian bohlam lampu depan, dengan lampu LED memang membuat tampilan motor keren, namun pastikan pemilik motor bisa merawatnya dengan baik agar lampu awet dan tidak perlu diganti dalam waktu singkat.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK